Minggu, 07 Januari 2024

Pemikiran Syekh Abdul Qodir al-Jailani tentang Akhlak

Posted by with No comments

 Adapaun pemikiran al-Jailani dalam bidang akidah dapat dijelaskan secara lebih detail berikut: 

1. Tauhid 

Tauhid sendiri ada dua macam, yaitu: tauhid Rububiyah dan tauhid Ilahiyyah. Tauhid Rububiyah ialah pengakuan bahwa Allah Swt adalah pencipta segala sesuatu. Tauhid ini adalah haq, tidak ada keraguan di dalamnya dan merupakan tujuan sebagian besar kelompok rasionalis, kalam, dan sufi.  Beliau berkata jiwa seluruhnya tunduk kepada Tuhannya, dan mengakuinya bahwa dia pencipta dan pembuatnya, dan jiwa membutuhkan-Nya untuk disembah-Nya, dan jiwa membutuhkan-Nya untuk disembah. Sedangkan tauhid Uluhiyah yaitu tauhid ibadah dan permintaan atau hanya mengkhususkan ibadah kepada Allah dengan berbagai macam ibadah; 'Jika anda berkata "Laa ilaha illallah" berarti anda telah mengaku, maka akan ditanyakan kepada anda, apakah kamu punya bukti?. Buktinya adalah menjalankan perintahnya dan menjauhi laraganya, bersabar atas musibah dan menerima takdir-NYA. 

2. Kenabian 

Mengimani kenabian Muhammad Saw, dan bahwa Allah mengutusnya kepada seluruh alam merupakan pondasi pemikiran yang pokok. Karena tidak sempurna keimanan seseorang, kecuali mengimani kerasulan Nabi Muhammad SAW, beliau berkata " Penganut Islam menyakini bahwa Muhammad bin Abdullah adalah Rasulullah dan pemimpin Rasul serta penutup para Nabi. 

3. Hari Akhir 

Syekh Abdul Qadir al-Jailani berbicara dengan singkat mengenai masalah ini. Beliau berkata "sesungguhnya ruh para syuhada dan orang mukmin berada di dalam sangkar burung-burung hijau yang berkicau di surga dan terbang menuju kesorot lampu dibawah arsy, kemudian dia akan datang menemui jasadnya lagi ketika peniupan ruh yang kedua ke bumi untuk klarifikasi dan penghitungan amal pada hari kiamat. 

4. Bid'ah 

Syekh Abdul Qadir al-Jilani menyampaikan tidak ada keberuntungan buat anda hingga anda mengikuti al-Kitab dan al- sunnah. 

5. Taat Pemimpin 

Syekh Abdul Qadir al-Jailani r.a menegaskan masalah ini dengan menyebutkan kesepakatan ahlu Sunnah wal jamaah, beliau berkata, ikuti dan taati pemimpin Islam.

0 Reviews:

Posting Komentar

Silahkan tinggal pesan, dilarang SPAM, SARA dan Melanggar Hukum