Rabu, 01 Februari 2012

Efektivitas Penggunaan Dental Floss untuk Mengurangi Peradangan Gusi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tegal Alang

Posted by with 2 comments
Jurnal Penelitian

Joko Suripto (2012)  Efektivitas Penggunaan Dental Floss untuk Mengurangi Peradangan Gusi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas  Tegal Alang.


Benang gigi tanpa lilin dan lilin dievaluasi klinis cukup efektivitas dalam mengurangi inflamasi gingiva.  Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini mengingat dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kehamilan. Salah satu kepedulian tentang kesehatan gigi ibu hamil adalah dengan menyebarluaskan informasi bagaimana merawat gigi dengan benar sejak sebelum hamil dan saat kehamilan.Sikat gigi merupakan cara membersihkan gigi yang cukup konvensional dan sangat dikenal masyarakat luas. Dalam memilih sikat gigi, yang perlu diperhatikan sebaiknya dengan memilih sikat gigi berpegangan yang nyaman dan kuat, bulu sikat yang lembut dan membulat, serta kepala sikat yang sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau daerah terdalam dari rongga mulut.Berdasarkan pertimbangan efektifitas, jelas membersihkan gigi dengan dental flossing lebih efektif. Namun, dengan keunggulan penggunaan pasta gigi yang dapat memberikan tambahan kandungan fluoridanya, maka kombinasi dari keduanya akan dapat memberikan nilai tambah.
Rancangan penelitian ini termasuk observational dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan one group test. Besar sampel penelitian yaitu 128 orang, pengambilan unit analisis sampel dilakukan secara systematic random sampling. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu 55,4% responden mengalami peradangan gusi sedangkan sisanya 44,6% tidak mengalami peradangan. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t diperoleh nilai p-value = 0,0033 yang menunjukan bahwa penggunaan Dental floss pada ibu hamil cukup efektif untuk mengurangi terjadinya peradangan pada gusi.





2 komentar:

Silahkan tinggal pesan, dilarang SPAM, SARA dan Melanggar Hukum