Rabu, 01 Februari 2012

Dispepsia

Posted by with No comments

DISPEPSIA ....
A.    Latar Belakang
Dispepsia merupakan kumpulan keluhan/gejala klinis yang terdiri dari rasa tidak enak/sakit di perut bagian atas yang menetap atau mengalami kekambuhan. (Arif Mansjoer, 2000 ; 488). Dispepsia merupakan suatu kompleks gejala dari keluhan abdomen kronik, biasanya berupa nyeri epigastrium, seringkali nyeri ulu hati, kembung, sendawa, dan terkadang mual dan muntah. (Wash Declan, 1979 ; 121). Dispepsia adalah keluhan yang berhubungan dengan makan atau keluhan yang oleh pasien ataupun dokternya dikaitkan dengan gangguan saluran cerna bagian atas (Sudoyo, Aru. W, 2006 ; 354).
Menurut hasil penelitian yang dikemukakan di Inggris dan skandinavia bahwa prevalensi dispepsia berkisar 7-41 %. Tetapi,  hanya 10-20 % yang mencari pertolongan medis, Di asia pasifik, penyakit ini memiliki prevalensi berkisar antara 10-20 % (Kusumohebroto H, 2003). Berdasarkan catatan medikal record Dr. Wahidin Sudirohusodo bahwa penderita dispepsia yang dirawat di ruang interna  pada tahun 2005 berjumlah 576 orang, dimana jumlah laki-laki berjumlah 224 orang dan perempuan 352 orang, sedangkan pada tahun 2006 periode Januari sampai dengan Agustus berjumlah 239 yang mana penderita laki-laki berjumlah 39 orang dan perempuan 146 orang. Melihat prevalensi yang cukup tinggi, maka hal ini perlu mendapatkan perawatan yang serius, karena penyakit dyspepsia dapat menimbulkan masalah keperawatan aktual maupun resiko yang berdampak pada penyimpangan kebutuhan dasar manusia (KDM) seperti gangguan rasa nyaman nyeri, nutrisi kurang dari kebutuhan, perubahan keseimbangan cairan dan elektrolit serta kecemasan.
Dyspepsia atau seperti yang seringkali dirujuk oleh dokter, non ulcer dyspepsia atau dyspsia tidak berborok adalah satu dari penyakit-penyakit (ringan) yang paling umum dari dari usus-usus, mempengaruhi dari suatu perkiraan dari 20% dari dari orang-orang di Amerika. Mungkin hanya 10% dari mereka yang terpengaruh sebenarnya mencari perhatian medis untuk dyspepsia. Dyspepsia  bukanlah suatu istilah yang terpengaruh baik untuk penyakit ringan karena ia menyiratkan bahwa ada dyspepsia atau pencernaan yang abnormal dan ini kemungkinan besar adalah bukan kasusnya. Sesungguhnya nama lain untuk dyspepsia adalah gangguan pencernaan (indigestion) yang untuk sebab yang sama adalah tidak lebih baik daripada istilah dyspepsia. (http/www.total kesehatan nanda.com/d8/05/13/dyspepsia/,diakses tanggal 02/09/2009). 



0 Reviews:

Posting Komentar

Silahkan tinggal pesan, dilarang SPAM, SARA dan Melanggar Hukum