ANALISIS PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP
(SAMSAT) DALAM PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN
BERMOTOR DI KOTA
PALEMBANG
Oleh :
DWI APRIANTO
NPM : 02.14.017
SKRIPSI
Untuk memenuhi salah satu syarat ujian
Guna memperoleh gelar sarjana (S1)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara
SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
(STISIPOL) CANDRADIMUKA
PALEMBANG
2018
ANALISIS PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP
(SAMSAT) DALAM PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN
BERMOTOR DI KOTA
PALEMBANG
Diajukan
oleh :
DWI APRIANTO
NPM
: 02.14.017
SKRIPSI
Untuk memenuhi salah satu syarat ujian
Guna memperoleh gelar sarjana (S1)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara
SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
(STISIPOL) CANDRADIMUKA
PALEMBANG
2018
ANALISIS
PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL
SATU ATAP (SAMSAT) DALAM PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA PALEMBANG
Disusun Oleh :
Dwi Aprianto
NPM : 02.14.017
SKRIPSI
Merupakan salah satu syarat ujian
Guna memperoleh gelar sarjana (S1)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara
Telah disetujui oleh Pembimbing pada tanggal
seperti tertera dibawah ini
Pembimbing
Dra. Lisdiana, M.Si Sentot Supriadi, S.Sos., M.Si
Pembimbing I Pembimbing
II
Menyetujui :
Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara
H.M. Vickri
Bastari, M.Si
Tanggal : April 2018
SKRIPSI
ANALISIS
PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL
SATU ATAP (SAMSAT) DALAM PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA PALEMBANG
Disusun Oleh :
Dwi Aprianto
NPM : 02.14.017
Telah diujikan dan dipertahankan di depan Tim
Penguji
Pada Tanggal : Mei 2018
SUSUNAN TIM PENGUJI
1. Dra.
Lisdiana, M.Si
Penguji I
2.
Sentot Supriady, S.Sos., M.Si
Penguji II
3.
H.M.
Vickri Bastari, M.Si
Penguji III
Skripsi ini diterima sebagai salah satu persyaratan
untuk memperoleh gelar Sarjana
Ketua STISIPOL Candradimuka
Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si
HALAMAN PERNYATAAN
Saya yang bertanda
tangan di bawah ini :
Nama : Dwi Aprianto
NPM : 02 14 017
Tempat
dan Tanggal Lahir : Palembang, 07 April 1994
Program Studi : Administrasi Negara
menyatakan
dengan sesungguhnya bahwa :
1. Seluruh
data, informasi, interprestasi serta pernyataan dalam pembahasan dan kesimpulan
yang disajikan dalam karya ilmiah ini kecuali yang disebutkan sumbernya adalah
hasil pengamatan, penelitian, pengelolaan, serta pemikiran saya dengan
pengarahan dari pembimbing yangd ditetapkan.
2. Karya
ilmiah yang saya tulis ini adalah asli dan belum pernah diajukan untuk
mendapatkan nilai akademik, baik di STISIPOL Candradimuka maupun perguruan
tinggi lainnya.
Demikian
pernyataan ini dimuat dengan sebenar-benarnya dan apabila dikemudian hari
dikemukakan adanya bukti ketidakbenaran dalam pernyataan di atas, maka saya
bersedia menerima sanksi akademis berupa pembatalan gelar yang saya peroleh
melalui karya ilmiah.
Palembang, April 2018
Yang
membuat pernyataan,
Dwi
Aprianto
NPM. 02 14 017
ABSTRAK
Dwi Aprianto (NPM. 02.14.017). Judul Skripsi:” Analisis Pelayanan Sistem Administrasi
Anunggal Satu Atap (Samsat) dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor
di Kota Palembang”. Jurusan Ilmu Administrasi
Negara, pembimbing utama Dra. Lisdiana, M.Si dan pembimbing pendamping Sentot
Supriady, S.Sos., M.Si.
Rumusan
masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana penyelenggaraan
pelayanan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Palembang, faktor-faktor apa
saja yang mendukung maupun yang menghambat penyelenggaraan pelayanan pajak
kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Palembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui
penyelenggaraan pelayanan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Palembang, faktor-faktor
yang mendukung maupun yang menghambat penyelenggaraan pelayanan pajak kendaraan
bermotor di SAMSAT Kota Palembang.
Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan 10 orang sebagai key informan yang
terdiri dari Kepala UPT Kantor Samsat Palembang, Petugas Pelayanan Samsat
Palembang, Wajib Pajak/ Masyarakat.
Hasil penelitian ini
yaitu pelayanan SAMSAT kota Palembang dalam pengurusan Pajak kendaraan bermotor
berdasarkan indikator tangibles (bukti fisik) sudah baik, hanya ada beberapa
kekurangan diantaranya area parkir, ruang tunggu dan fasilitas kamar mandi yang
kurang terjaga kebersihannya. Dari segi kehandalan cukup baik, daya tanggap
sudah baik, jaminan cukup baik dan empat sudah baik.
Kata kunci: SAMSAT Palembang, Pelayanan, Pajak
Kendaraan Bermotor
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
·
Hidup ini bagaikan skiripsi , banyak bab dan
revisi yang harus dilewati. Tetapi akan selalu berakhir indah bagi mereka yang
pantang menyerah.
PERSEMBAHAN
Dengan izin Allah saya ucapkan
Alhamdulillahirobilalamin. Kupersembahkan karya kecil ini kepada:
-
Ayah dan
ibu ku tercinta, tersayang terima kasih
atas dukungan, doa tiada henti dan motivasi yang engkau berikan hingga
aku tidak pernah menggenal kata menyerah.
-
Saudara-saudara
ku tersayang ayuk terima kasih masukan dan doanya.
-
Sahabat
ku (Irwansyah. Boby, Isham,
Angga) terima kasih atas bantuan dan dukungannya.
-
Dosen
pembimbing dan para dosen pengajar terima kasih atas ilmu yang engkau berikan
-
Teman-teman
seperjuangan ku serta seluruh anggkatan 2014
khususnya kelas Jia Reguler pagi terima kasih atas kekompakannya.
-
Almamater
ku STISIPOL Candradimuka Palembang.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-nya yang telah
memberikan karunia kepada penulis, terutama karunia iman dan ilmu sehingga
penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Analisis Pelayanan Sistem
Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Palembang. Penulis menyadari bahwa
skripsi ini dapat tersusun atas bantuan dari berbagai pihak, untuk itu pada
kesempatan yang baik ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada yang
terhormat:
1.
Ibu Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si., Ketua Sekolah Tinggi Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik Candradimuka Palembang;
2.
Ibu Dr. Hj. Umiyati Idris, SE, M.Si., Pembantu Ketua I Bidang Akademik;
3.
Bapak H. M. Vickri Bastari, SH, M.Si., Ketua Jurusan Ilmu Administrasi
Negara;
4.
Dra. Lisdiana, M.Si, selaku Pembimbing I dalam penulisan skripsi ini.
5.
Sentot Supriady, S.Sos., M.Si, selaku Pembimbing II penulisan skripsi ini.
6.
Pimpinan dan staff Pegawai Kantor Bersama Samsat Palembang I Provinsi Sumatera Selatan.
Semoga
segala kebaikan yang telah diberikan kepada penulis
mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.
Demikianlah penulis sampaikan dengan harapan
semoga Skripsi ini dapat bermanfaat.
Palembang, April 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
JUDUL............................................................................................................... i
HALAMAN
PENGESAHAN.......................................................................... ii
PERNYATAAN................................................................................................ iii
PANITIA
PENGUJI........................................................................................ iv
ABSTRAK........................................................................................................ v
RIWAYAT
HIDUP.......................................................................................... vi
MOTTO
PERSEMBAHAN............................................................................ vii
KATA
PENGANTAR...................................................................................... viii
DAFTAR
ISI..................................................................................................... ix
DAFTAR
TABEL ............................................................................................ xii
DAFTAR
GAMBAR........................................................................................ xiv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar belakang............................................................................. 1
B.
Identifikasi dan Perumusan Masalah........................................... 10
C.
Tujuan Penelitian ....................................................................... 10
D.
Manfaat Penelitian....................................................................... 11
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.
Konsep Dasar Pelayanan ............................................................ 13
1.
Pengertian Pelayanan............................................................ 13
2.
Pengertian Pelayanan Publik ................................................ 14
3.
Jenis-jenis Pelayanan Publik................................................. 15
4.
Asas-asas Pelayanan Publik ................................................. 16
5.
Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Pelayanan Publik ............ 17
B.
Kualitas Pelayanan ..................................................................... 19
1.
Pengertian Kualitas Pelayanan Publik ................................. 19
2.
Dimensi Kualitas Pelayanan Publik...................................... 20
3.
Kriteria Kualitas Pelayanan ................................................. 21
C.
Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT)............. 22
1.
Pengertian SAMSAT ........................................................... 22
2.
Tujuan dari SAMSAT .......................................................... 23
3.
Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelayanan
Program Pelayanan SAMSAT
............................................. 23
D.
Pajak Kendaraan Bermotor ......................................................... 28
E.
Penelitian Lain yang Relevan ...................................................... 33
F.
Kerangka Pemikiran .................................................................... 35
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tempat dan Waktu Penelitian...................................................... 36
B.
Desain Penelitian.......................................................................... 36
C.
Key Informan............................................................................... 37
D.
Definisi Operasional Variabel...................................................... 38
E.
Instrumen Penelitian..................................................................... 40
F.
Teknik Analisis Data.................................................................... 42
G.
Sistematika Laporan..................................................................... 43
H.
Jadwal Penelitian.......................................................................... 44
BAB IV GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN
A.
Gambaran Umum Lokasi Penelitian............................................ 45
1.
Sejarah SAMSAT .................................................................. 45
2.
Samsat Kota Palembang ........................................................ 48
B.
Struktur Organisasi Samsat Palembang........................................ 51
C.
Dasar Hukum Pelaksanaan Samsat Kota Palembang................... 54
D.
Wilayah Pelayanan SAMSAT di Palembang............................... 54
E.
Fasilitas dan Sarana Prasarana Kantor Samsat Palembang.......... 55
F.
Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT kota
Palembang.................................................................................... 58
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian.............................................................................. 79
1.
Penyenggaraan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di
SAMSAT kota Palembang...................................................... 79
2.
Faktor Pendukung dalam Pelayanan SAMSAT Kota
Palembang................................................................................ 91
3.
Faktor-faktor Penghambat dalam Pelayanan .......................... 95
B.
Pembahasan................................................................................... 98
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan Penelitian................................................................... 110
B.
Saran.............................................................................................. 112
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
Hal
Tabel 3.1 Tabel Key Informan...................................................................
38
Tabel 3.2 Definsi Operasional
Penelitian .................................................. 40
Tabel 3.3 Jadwal Penelitian Skripsi .......................................................... 44
DAFTAR
GAMBAR
Hal
Gambar 2.1 Kerangka pemikiran................................................................
35
Gambar 4.1 Struktur organisasi..................................................................
51
Gambar 4.2 Area Parkir SAMSAT Kota Palembang................................. 55
Gambar 4.3 Area Cek Fisik kendaraan ...................................................... 56
Gambar 4.4 Area Bermain Anak ............................................................... 56
Gambar 4.5 Ruang Rawat Anak ................................................................ 57
Gambar 4.6 Kondisi Toilet ........................................................................ 58
Gambar 4.7 Mekanisme Penerbitan STNK Proses Pengesahan Ulang
................. 1 Tahunan ............................................................................... 62
Gambar 4.8 Mekanisme Penerbitan STNK Proses Pengesahan Ulang
................. Lima Tahunan ......................................................................... 64
Gambar 4.9 Mekanisme Pengurusan Pajak Balik Nama Kendaraan
................. Bermotor dalam Kota ............................................................ 67