Dari judul peningkatan kemampuan
menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui pembelajaran inkuiri pada siswa
kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang menjadi
latar belakangnya adalah dalam perkembangan kesusastraan mutakhir bentuk kesusastraan
yang paling banyak digemari adalah jenis karya sastra prosa khususnya cerpen.
Cerpen merupakan cerita yang singkat, ekonomis dalam pemakaian katanya sehingga
tidak memerlukan waktu yang lama menulisnya maupun untuk membacanya.
Masalah atau kesulitan yang
dialami siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen disebabkan siswa belum
memahami benar tentang unsur-unsur intrinsik cerpen dan daya serap siswa yang
bervariasi sehingga lambat memahami isi dari sebuah cerpen. Masalah pada guru
yaitu pemilihan metode pembelajaran yang dipilih guru masih monoton, sehingga
berdampak pada proses pembelajaran yang kurang efektif.
Baca Juga : Pilihan tepat sewa mobil Palembang
Adapun
rumusan masalah penelitian ini adalah (1). Apakah pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan
menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta
Badung Tahun Pelajaran 2012/2013, dan (2). Bagaimanakah langkah-langkah yang
tepat dalam penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan
menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta
Badung Tahun Pelajaran 2012/2013.
Ruang
lingkup dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menganalisis unsur
intrinsik cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung dan
penerapan pembelajaran inkuiri dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
khususnya pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung. Tujuan penelitian
ini dibedakan menjadi dua tujuan, yaitu (1) tujuan umum dan (2) tujuan khusus.
Tujuan umumnya adalah untuk memberikan sumbangan berupa pikiran kepada lembaga,
guru, dan siswa dalam usaha meningkatkan pembinaan pengajaran bahasa Indonesia,
khususnya pengajaran sastra dalam bentuk cerpen. Tujuan khususnya adalah untuk
mendapatkan gambaran yang lebih nyata dan sejelas-jelasnya mengenai apakah
pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik
cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran
2012/2013 dan untuk menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan
pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik
cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran
2012/2013.
Landasan
teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi mengenai cerpen, antara
lain : (1) pengertian cerpen, (2) pembagian cerpen, (3) ciri-ciri cerpen, (4)
unsur-unsur intrinsik cerpen, dan (5) pembelajaran inkuiri.
Pembelajaran
inkuiri pada dasarnya adalah pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir
secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari
suatu masalah yang dipertanyakan. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri : (1)
orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan
data, (5) menguji hipotesis, (6) merumuskan kesimpulan.
Penelitian
ini mengambil subjek siswa dan siswi kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung
dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
tes esay, sedangkan pengolahan datanya menggunakan rumus :
M =
Pada
tes awal nilai rata-rata siswa 4,00, pada siklus I nilai rata-rata siswa 5,12,
pada siklus II nilai rata-rata siswa 5,72, pada siklus III nilai rata-rata
siswa 7,44. Saran yang dapat penulis berikan (1) guru sastra merupakan bagian
dari pelajaran bahasa Indonesia hendaknya guru lebih meningkatkan aktivitas
siswa dalam belajar cerpen, (2) guru dapat menggunakan pembelajaran inkuiri
dalam pembelajaran sastra khususnya menganalisis cerpen, (3) berdasarkan nilai
yang diperoleh siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung SMP Sunari Loka
Kuta Badung, maka kemampuan menganalisis cerpen dapat ditingkatkan lagi, (4)
guru hendaknya memotivasi siswa yang kurang mampu, dengan jalan lebih banyak
memberi latihan khususnya latihan menganalisis cerpen, (5) permerintah
hendaknya memeberi perhatian yang lebih untuk menghasilkan perkembangan siswa,
khususnya siswa SMP dalam rangka meningkatkan karya sastra dengan cara mencetak
atau mendidik kader yang profesional dan berpengalaman sehingga peserta didik
tidak mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar.
0 Reviews:
Posting Komentar
Silahkan tinggal pesan, dilarang SPAM, SARA dan Melanggar Hukum