Sabtu, 16 September 2017

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII C SMP

Posted by with No comments



Dari judul peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang menjadi latar belakangnya adalah dalam perkembangan kesusastraan mutakhir bentuk kesusastraan yang paling banyak digemari adalah jenis karya sastra prosa khususnya cerpen. Cerpen merupakan cerita yang singkat, ekonomis dalam pemakaian katanya sehingga tidak memerlukan waktu yang lama menulisnya maupun untuk membacanya.
Masalah atau kesulitan yang dialami siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen disebabkan siswa belum memahami benar tentang unsur-unsur intrinsik cerpen dan daya serap siswa yang bervariasi sehingga lambat memahami isi dari sebuah cerpen. Masalah pada guru yaitu pemilihan metode pembelajaran yang dipilih guru masih monoton, sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang kurang efektif.
Baca Juga : Pilihan tepat sewa mobil Palembang

            Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1). Apakah pembelajaran  inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran 2012/2013, dan (2). Bagaimanakah langkah-langkah yang tepat dalam penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran 2012/2013.
            Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung dan penerapan pembelajaran inkuiri dalam kegiatan belajar mengajar di kelas khususnya pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung. Tujuan penelitian ini dibedakan menjadi dua tujuan, yaitu (1) tujuan umum dan (2) tujuan khusus. Tujuan umumnya adalah untuk memberikan sumbangan berupa pikiran kepada lembaga, guru, dan siswa dalam usaha meningkatkan pembinaan pengajaran bahasa Indonesia, khususnya pengajaran sastra dalam bentuk cerpen. Tujuan khususnya adalah untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata dan sejelas-jelasnya mengenai apakah pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran 2012/2013 dan untuk menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran 2012/2013.
            Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi mengenai cerpen, antara lain : (1) pengertian cerpen, (2) pembagian cerpen, (3) ciri-ciri cerpen, (4) unsur-unsur intrinsik cerpen, dan (5) pembelajaran inkuiri.
            Pembelajaran inkuiri pada dasarnya adalah pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri : (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) menguji hipotesis, (6) merumuskan kesimpulan.
            Penelitian ini mengambil subjek siswa dan siswi kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes esay, sedangkan pengolahan datanya menggunakan rumus :
M =
            Pada tes awal nilai rata-rata siswa 4,00, pada siklus I nilai rata-rata siswa 5,12, pada siklus II nilai rata-rata siswa 5,72, pada siklus III nilai rata-rata siswa 7,44. Saran yang dapat penulis berikan (1) guru sastra merupakan bagian dari pelajaran bahasa Indonesia hendaknya guru lebih meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar cerpen, (2) guru dapat menggunakan pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran sastra khususnya menganalisis cerpen, (3) berdasarkan nilai yang diperoleh siswa kelas VII C SMP Sunari Loka Kuta Badung SMP Sunari Loka Kuta Badung, maka kemampuan menganalisis cerpen dapat ditingkatkan lagi, (4) guru hendaknya memotivasi siswa yang kurang mampu, dengan jalan lebih banyak memberi latihan khususnya latihan menganalisis cerpen, (5) permerintah hendaknya memeberi perhatian yang lebih untuk menghasilkan perkembangan siswa, khususnya siswa SMP dalam rangka meningkatkan karya sastra dengan cara mencetak atau mendidik kader yang profesional dan berpengalaman sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar.

           
Kata kunci : Unsur intrinsik cerpen dan Pembelajaran inkuiri.

0 Reviews:

Posting Komentar

Silahkan tinggal pesan, dilarang SPAM, SARA dan Melanggar Hukum